G2Helmet.id – Helm adalah hal yang wajib dipakai untuk para pengendara motor. Helm bersih dan kinclong, para penunggang roda dua akan lebih Percaya Diri (PD). Lalu, bagaimanakah cara merawat helm?

Hindari pemakaian helm yang kotor. Selain adanya kuman yang menempel di busa ataupun visor helm tersebut, Anda akan merasa tidak nyaman, risih dan tentunya para pengendara tidak betah untuk memakai helm yang kotor itu. Berikut cara merawat helm agar helm bersih dan sehat. Pemakaian helm pun menjadi segar setiap harinya. Ada lima cara merawat helm.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan setelah helm dipakai, dianjurkan agar lebih selalu dibersihkan. Tujuannya agar debu tidak terlalu lama menempel di helm tersebut. Cara membersihkannya adalah bersihkan bagian luar helm menggunakan lap yang halus dan bersih. Seperti pakai lap kanebo yang sedikit basah. Lakukan cara lap tersebut ke helm dengan berulangkali sampai bersih. Pemakaian lap kanebo yang sedikit basah ini akan menghilangkan debu dan kotoran dibagian luar helm. Kemudian kucek lap tersebut hingga kotoran yang menempel akibat debu di helm hilang. Peras lap kanebo. Lalu usapkan lap kanebo ke helm tersebut sekali lagi.

“Langkah kedua yaitu, bersihkan kaca helm. Membersihkan kaca ataupun visor helm juga sangat penting. Agar pandangan ke depan selalu terang dan jelas. Dijamin pandangan Anda tidak akan terganggu dengan kinclongnya kaca helm ini. Anda dapat membersihkan visor dengan cara melepasnya setiap selesai di pakai. Cara membersihkannya pun cukup dengan mencelupkan visor ke dalam wadah berisi air lalu goyangkan visor agar kotoran atau debu turun,” kata Niki, Manager Galeri Helm G2, PT Poliprima Cipta Unggul (PCU).

Ia mengatakan, usai di cuci visor tersebut, segera keringkan. Namun ingat jangan keringkan visor secara langsung dibawah terik sinar matahari. Selanjutnya usaplah visor tersebut dengan kain microfiber.

“Ketiga adalah, pakailah selalu sarung helm. Jika diperhatikan memang ini adalah hal yang sepele. Karena sebagian yang saya pantau, saat helm setelah dipakai dan bersih, si pemilik helm jarang menggunakan sarung helm. Fungsi sarung helm adalah agar helm kesayangan Anda ini tetap terjaga fisiknya. Fungsi dari sarung helm ini adalah agar helm Anda terhindar dari goresan dan debu. Dianjurkan agar helm Anda selalu menggunakan sarung helm saat Anda ingin meninggalkan helm tersebut.

Tahap selanjutnya adalah cara penempatan helmnya. Letakkan helm pada posisi terbalik setelah dipakai. Lalu kenapa posisinya harus dibalik? Tujuannya agar hawa panas dalam helm keluar. Lakukan cara ini hingga hawa panas dalam helm keluar atau saat dirasa sudah dingin. Dan simpanlah helm ditempat yang aman.

“Langkah terakhir adalah cucilah helm dengan rutin. Anda bisa mencuci helm (busa) seminggu sekali bahkan sebulan sekali. Sesuaikan cuci helm ini dengan intensitas pemakaian Anda.

Helm bersih, pakai helm pun sehat dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *