G2Helmet.id – Helm merupakan perangkat pelindung kepala yang wajib digunakan saat seseorang mengendarai sepeda motor. Tujuannya tak lain untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan yang maksimal. Namun, bagaimanakah memilih helm yang baik dan benar itu? Ini tips dari PT Poliprima Cipta Unggul (PCU), yang memproduksi helm G2.

Berbagai ragam dan tipe helm ada di segmentasi pasar otomotif roda dua di Indonesia. Begitujuga harganya yang beraneka ragam yang disesuaikan dengan corak dan tipe dari bentuk helm tersebut. PT PCU yang merupakan produsen helm G2, helm buatan dalam negeri ini memberikan tips cara memilih helm yang baik dan benar.

“Pertama adalah Pastikan Punya Standar SNI. Dalam hal ini karena kita tinggal di negeri tercinta Indonesia tentunya helm yang dipergunakan harus mengikuti peraturan pemerintah. Iya, pastikan helm yang Anda gunakan memiliki logo Standar Nasional Indonesia (SNI). Logo dan label ini merupakan jaminan jika produk tersebut sudah melalui proses produksi yang baik, dengan fokus kepada kekuatan, kenyamanan, dan keselamatan. Intinya, kualitas produknya sudah masuk standar yang aman untuk dipakai di sini. Helm G2 sudah SNI,” kata Marjana, Pimpinan Produksi Helm G2 PT PCU.

Ia menuturkan, kedua yaitu Pastikan Ukurannya Pas. Di pasar yang beredar ada beberapa jenis ukuran helm yang bisa dipilih. Mulai S, M, L hingga XL. Sesuaikan ukuran tersebut dengan kenyamanan kepala Anda.

“Yang perlu diingat adalah hindari memilih helm yang terlalu kebesaran dan kekecilan. Efeknya perlindungan tidak maksimal dan nantinya kepala Anda akan merasa pusing,” katanya.

Kemudian yang perlu diperhatikan lagi adalah Anda harus menyesuaikan memilih helm dengan kebutuhan. Bila Anda suka melakukan perjalanan jauh atau touring, sebaiknya pilih helm berjenis full face, sementara untuk Anda yang hanya berkendara di dalam kota, helm half face bisa jadi pilihan utama. Begitujuga pilihlah helm trail bila Anda suka dengan trek off-road.

“Selanjutnya point terakhir adalah perhatikan tali pengikat (strap) yang ada di helm. Pastikan Anda memilih helm dengan tali pengikat atau strap yang kuat dan tidak mudah lepas tapi mudah dikuncikan. Selain itu, tali pengikat helm pun posisinya harus pas (tidak mencekik atau terlalu longgar), memiliki bahan yang lembut dan nyaman dengan bantalan dagu,” katanya lagi.

Sementara hal lain yang harus juga diperhatikan dalam memilih helm adalah fitur yang ada di helm. Seperti kaca helm atau visor yang harus disesuaikan dengan kebutuhan, kunci keamanan tambahan dan fitur lainnya.

Helm G2 sudah SNI dan sudah menciptakan desain yang beraneka ragam yang disesuaikan dengan fashion dan gaya yang berkembang di dunia otomotif Tanah Air. Nah yang asyiknya lagi, helm G2 bisa dipesan custom. Jadi tunggu apalagi pilihlah helm yang tepat yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *